Pertemuan 3 – Aspek Teknis dan Teknologi

September 2, 2008 at 3:21 pm 4 komentar

pertemuan-3-aspek-teknik-dan-teknologi

About these ads

Entry filed under: Study Kelayakan Bisnis. Tags: , , , , .

Pertemuan 2 – Aspek Pemasaran Pertemuan 4 – Manajemen, SDM, SDA, Kebutuhan Aset

4 Komentar Add your own

  • 1. nas  |  September 20, 2008 pukul 10:55 am

    pak rizky,, saya mash belum paham soal aspek teknis dan teknologi
    rencana usaha kami penjualan dan persewaan tapi kami tidak memproduksi sendiri semua barangnya. jadi ada yang beli dari produsen.
    maksud pemilihan dan perencanaan produk itu apakah pemilihan produk apa yang akan diproduksi atau juga termasuk pemilihan bahan-bahan u/ memproduksi??
    kemudian untuk pemilihan dan jenis teknologi maksudnya bagaimana, kalo kami hanya menggunakan tenaga manusia bagaimana??

    Balas
  • 2. rizkysupriadi  |  September 20, 2008 pukul 2:08 pm

    Q : rencana usaha kami penjualan dan persewaan tapi kami tidak memproduksi sendiri semua barangnya. jadi ada yang beli dari produsen.

    A : dalam aspek teknis dan teknologi, walaupun usaha Anda adalah penjualan dan persewaan, Anda perlu menganalisa kemudian menentukan produk apa yang akan Anda Jual dan Sewakan.
    – Hal ini menyangkut jenis produknya, type produknya, bahkan samapi dengan mereknya.
    – contoh, Anda mau usaha persewaan mobil. Maka Anda perlu tentukan apakah mobil sedan, pick up, truck, van, family / SUV, dll. Kemudian Anda mau pilih untuk SUV, apakah Toyota Kijang, Suzuki APV, Toyota Rush / Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia / Toyota Avansa, atau yang lain.

    Q : maksud pemilihan dan perencanaan produk itu apakah pemilihan produk apa yang akan diproduksi atau juga termasuk pemilihan bahan-bahan u/ memproduksi??

    A : Meliputi semuanya, produk yang akan Anda jual / sewakan, produk tersebut akan Anda produksi sendiri / beli jadi / sewa / sub kontrakkan / leasing / yang lain. Hal ini juga termasuk pemilihan bahan2 yang akan Anda pakai untuk Anda produksi / Anda tetapkan untuk orang lain produksi tinggal Anda beli dari dia, atau spesifikasi barang yang Anda mau.

    Q : untuk pemilihan dan jenis teknologi maksudnya bagaimana, kalo kami hanya menggunakan tenaga manusia bagaimana??

    A : Jika Anda menggunakan tenaga manusia, semisal Anda menjual jasa (konsultan, training, dll), Anda tetap perlu menganalisa dan menentukan :
    – Jenis jasa apa saja yang Anda jual.
    – Skope dari pekerjaan yang dapat Anda jual.
    – Apakah semua jenis pekerjaan yang Anda jual dapat Anda sediakan sendiri, atau Anda bekerja sama dengan pihak lain sebagai rekanan bisnis Anda / sub kontraktor dari pekerjaan Anda.
    – Jenis teknologi yang dapat menunjang usaha Anda, misal peralatan yang Anda butuhkan dalam bekerja, seperti software, PDA, GPRS, internet, kendaraan untuk usaha, loudspeaker, dll.
    – Teknologi amat sangat membantu Anda, tetapi kalau Anda tidak mau memanfaatkan teknologi, karena pertimbangan biaya juga tidak apa-apa. That’s your decision based on your analysis.

    Jika Anda punya pendapat lain / masih ada yang kurang jelas, silahkan.

    Balas
  • 3. wida  |  September 21, 2008 pukul 9:41 am

    Pak Rizky,, saya masih belum begitu jelas mengenai lokasi dan layout pabrik..
    Menurut kami pabrik itu kan suatu tempat produksi yang berskala besar dan menggunakan alat2.. Sedangkan usaha kami lebih cenderung memproduksi barang2 yang handmade..
    Terimakasih..

    Balas
  • 4. rizkysupriadi  |  September 21, 2008 pukul 2:57 pm

    Q : Menurut kami pabrik itu kan suatu tempat produksi yang berskala besar dan menggunakan alat2.. Sedangkan usaha kami lebih cenderung memproduksi barang2 yang handmade..

    A : Pabrik dalam slide power point, merupakan contoh / istilah yang dipakai saja. Untuk penerapannya disesuaikan dengan jenis usaha Anda, bisa Anda ganti istilahnya dengan lokasi dan lay out untuk restoran Anda, depot, toko, industri handmade / rumah tangga, kantor. Bahkan bisa Anda pakai juga dengan context dan content untuk design web site / blog Anda.

    Intinya untuk lokasi adalah:
    (1) Anda memilih tempat untuk produksi Anda (jika Anda membuat sendiri barang yang Anda jual).
    (2) Tempat untuk memasarkan barang-2 Anda, toko, website, dll.

    Analisa Lay out, tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran penuh tentang usaha Anda nantinya. Terkait juga dengan arus / alur produksi, alur pembeli, dll. Hal ini nanti dapat berkelanjutan tentang kebutuhan alat, penataan fungsi personel, sistem pengawasan, dll.

    Untuk usaha kecil / home industri pun, Anda perlu menentukan :
    (1) Alur pembuatan barangnya seperti apa ?
    (2) berapa fungsi yang terkait dalam proses produksi, contoh : pembuatan bahan dasar, assembling, pengecatan, finishing, Quality Control, pengepakan, labelling, dll.
    (3) Berapa orang yang dibutuhkan ?
    (4) Bisakah menggunakan teknology, agar lebih efektif dan efisien, bahkan dapat lebih cepat proses produksinya.
    (5) Adakah teknik2 seperti JIT, ban berjalan, zero defect, dan ilmu2 lain dalam Managemen Operasional dan lainnya yang dapat dipakai dalam proses produksi tersebut ?

    Masih banyak hal-hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk aspek teknis dan teknology.

    Jika masih bingung / punya pendapat lain, silahkan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 30,570 hits

Titipan Iklan – Kumpul Blogger Ads





Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: